Warna berfungsi untuk memberikan vibrasi tertentu di dalam suatu desain.
Begitu hebatnya kekuatan warna, sehingga bisa memberikan efek psikologis kepada
semua orang yang melihatnya. Malah di dalam terapi kesehatan, warna tertentu di
gunakan untuk membantu pasien menjadi lebih cepat sembuh, menarik kan?
Kali ini kita akan membahas tentang psikologi
warna
Merah
Merah adalah warna yang kuat sekaligus hangat. Biasanya di gunakan untuk
memberikan efek psikologi ‘panas’ , ‘berani’ , ‘marah’ dan ‘berteriak’.
Beberapa studi juga mengindentifikasi merah sebagai warna yang sexy.
Di dalam desain, kita bisa menggunakan warna merah sebagai aksen karena
sifatnya yang kuat. Misalnya, foto hitam putih di berikan aksen warna merah
sedikit saja sudah bisa membuat foto tersebut menjadi terlihat berbeda.
Hijau
Hijau adalah warna yang tenang karena biasanya di kaitkan dengan lingkungan
dan alam. Di dalam desain, kita bisa menggunakan warna hijau untuk memberikan
kesan segar. Dan dengan mudah kita bisa memberikan nuansa membumi dengan
kombinasi warna hijau dan coklat gelap.
Kalau warna merah di atas bisa di ibaratkan sebagai musik rock dengan
hentakan keras dan cepat, maka warna hijau bisa di ibaratkan sebagai musik
klasik (atau musik-musik meditasi). Maka itu berhati-hatilah memadukan merah
dan hijau, karena akan sedikit bermasalah. Atau tambahkan saja kuning sehingga
menjadi musik Reggae Biru
Biru adalah warna favorit para pria dan termasuk warna yang ‘dingin’. Kalau
di dunia desain, biru sering di sebut “warna corporate” karena hampir semua
perusahaan menggunakan warna biru sebagai warna utamanya. Tidak heran memang,
karena biru merupakan warna yang termasuk tenang dan bersifat penyendiri.
Efek lain warna biru adalah sering di anggap sebagai warna yang sedih. Biru juga bisa di pakai untuk menurunkan nafsu
makan, karena berkonotasi dengan racun. Jadi gunakanlah warna biru untuk
mendesain box obat diet.
Kuning
Kuning adalah warna yang ceria, menyenangkan dan menurut saya sedikit
‘melompat-lompat’. Tidak heran warna kuning identik dengan mainan anak-anak.
Kuning juga biasanya di gunakan untuk mendapatkan perhatian dari orang yang
melihat desain kita.
Karena begitu kuatnya warna kuning ini, seringkali di gunakan untuk
mendapatkan perhatian orang. Ingat rambu lalu lintas yang memberikan tanda
bahaya? Semua di dominasi warna kuning atau merah (yang masih satu garis
keturunan).
Ungu
Ungu adalah warna yang memberikan kesan spiritual, kekayaan dan
kebijaksanaan. Saya jadi ingat desain baju penyihir / dukun / sejenisnya di
jaman medieval, kebanyakan di dominasi warna ungu. Ungu juga warna yang unik
karena sangat jarang kita lihat di alam.
Dengan menggunakan warna ungu kita bisa memberikan kesan unik pada desain
kita, baik kita menggunakan secara dominan atau hanya sebagai aksen saja. Kelemahannya
adalah sangat susah di padukan dengan warna lain, kita harus ekstra memikirkan
warna yang cocok bersanding dengan warna ungu.
Coklat
Coklat adalah warna bumi, memberikan kesan hangat, nyaman dan aman. Namun
selain itu, coklat juga memberikan kesan ‘sophisticated’ karena dekat dengan
warna emas. Bisa di bayangkan kesan ‘mahal’ desain dengan kombinasi warna hitam
dan coklat muda.
Dan tidak lupa, coklat juga bisa memberikan nuansa ‘dapat di andalkan’ dan
‘kuat’. Saya membayangkan warna coklat bisa di gunakan di firma hukum sebagai
warna utama perusahaan mereka.
Oranye
Oranye adalah hasil peleburan merah dan kuning, sehingga efek yang di
hasilkan masih tetap sama, yaitu ‘kuat’ dan ‘hangat’. Warna ini sering di
gunakan pada tombol website yang penting, seperti ‘buy now’ , ‘register now’
dan lainnya yang sejenis, istilahnya adalah ‘call to action’ button.
Dari sisi psikologis sebenarnya warna oranye memberikan kesan tidak nyaman,
dan sedikit gaduh. Mungkin karena sebab itulah warna ini paling banyak di pakai
untuk menarik perhatian orang.
Merah muda adalah warna yang feminin, kalau menggunakan warna ini pasti kamu berurusan dengan sesuatu yang bersifat kewanitaan. Efek cinta romantis juga bisa timbul dari warna merah muda ini, agak sedikit berbeda dengan warna merah yang lebih menggambarkan ‘gairah yang berani’.
Tetapi banyak juga desainer yang berani menggunakan warna merah muda ini dengan terang-terangan. Misalnya dengan kombinasi hitam dan merah muda sebuah desain bisa menjadi terlihat unik.
Putih adalah warna yang murni, tidak ada campuran apapun. Makanya sering di anggap sebagai warna yang menimbulkan efek suci dan bersih. Ketika kita ingin membuat desain yang simple dan minimalis, menggunakan warna putih adalah langkah yang tepat (walaupun bukan cara satu-satunya).
Hitam adalah warna yang gelap, suram, menakutkan tetapi elegan. Saya merasa elemen apapun jika di taruh di atas background hitam akan terasa lebih bagus (misalnya, pada waktu menampilkan foto, portfolio atau produk). Tapi tidak selalu efektif di dalam kasus tipografi.
Sekarang pertanyaannya, apa warna favorit kamu? dan mengapa?
Merah Muda
Merah muda adalah warna yang feminin, kalau menggunakan warna ini pasti kamu berurusan dengan sesuatu yang bersifat kewanitaan. Efek cinta romantis juga bisa timbul dari warna merah muda ini, agak sedikit berbeda dengan warna merah yang lebih menggambarkan ‘gairah yang berani’.
Tetapi banyak juga desainer yang berani menggunakan warna merah muda ini dengan terang-terangan. Misalnya dengan kombinasi hitam dan merah muda sebuah desain bisa menjadi terlihat unik.
Putih
Putih adalah warna yang murni, tidak ada campuran apapun. Makanya sering di anggap sebagai warna yang menimbulkan efek suci dan bersih. Ketika kita ingin membuat desain yang simple dan minimalis, menggunakan warna putih adalah langkah yang tepat (walaupun bukan cara satu-satunya).
Hitam
Hitam adalah warna yang gelap, suram, menakutkan tetapi elegan. Saya merasa elemen apapun jika di taruh di atas background hitam akan terasa lebih bagus (misalnya, pada waktu menampilkan foto, portfolio atau produk). Tapi tidak selalu efektif di dalam kasus tipografi.
Kesimpulan
Kombinasi warna yang tepat dapat memberikan karakter dan vibrasi pada suatu desain. Warna juga bisa di gunakan untuk mendapatkan perhatian orang yang melihat desain kita dan pada akhirnya mengerti pesan yang kita sampaikan melalui visual secara keseluruhan.Sekarang pertanyaannya, apa warna favorit kamu? dan mengapa?
Posting Komentar